SEBERAPA IDEAL BERAT DAN POLA MAKAN KITA?

Posted: October 31, 2008 in Kesehatan
Tags:

Ingin tahu apakah pola makan Anda sudah benar atau belum, sehingga berat tubuh Anda bisa dikatakan ideal? Kuis berikut bisa digunakan untuk membantu Anda mengukur hal tersebut:

1. Berapa angka yang dihasilkan dari berat badan Anda dibagi dengan 2 kali tinggi badan Anda (dalam meter)?

  1. >30
  2. <18.5 atau 25-29.9
  3. 18.9-24.9

2. Berapa ukuran pinggang Anda?

  1. >40 inci (pria) atau 35 inci (wanita)
  2. 40 inci atau sedikit di atasnya (pria) atau 35 inci atau sedikit di atasnya (wanita)
  3. <40 inci (pria) atau <35 inci (wanita)

3. Apakah Anda dalam kondisi menderita, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dan dapat membaik saat Anda menurunkan berat badan?

  1. ya
  2. mungkin
  3. tidak

4. Selain pada saat pesta besar, apakah Anda termasuk orang yang gemar makan banyak, cepat dan nafsu makan tidak terkontrol?

  1. ya
  2. kadang-kadang
  3. tidak

5. Apakah Anda golongan orang yang makan karena alasan emosional semisal saat cemas, depresi, stres, marah atau bergairah?

  1. selalu atau cukup sering
  2. kadang-kadang
  3. tidak pernah atau jarang

6. Bagaimana porsi makan Anda dibandingkan dengan porsi makan orang lain?

  1. jauh lebih banyak
  2. agak lebih banyak
  3. kurang lebih sama

7. Apakah Anda makan secara teratur tiga kali sehari?

  1. tidak pernah atau jarang
  2. kadang-kadang
  3. selalu atau setiap kali

8. Seberapa lama biasanya Anda menikmati makan?

  1. 5 menit atau kurang
  2. 5-20 menit
  3. 20 menit atau lebih

9. Apakah Anda termasuk orang yang suka camilan atau makanan lain semacam kudapan?

  1. ya atau cukup sering
  2. kadang-kadang
  3. tidak atau amat jarang

10. Seberapa sering Anda di luar rumah atau restoran? (untuk anak kos, tempat makan untuk sehari-hari tidak dihitung. Cukup restoran yang berupa acara makan tambahan)

  1. setiap hari atau hampir setiap hari
  2. 2-4 kali seminggu
  3. Seminggu sekali

Setelah seluruh pertanyaan dijawab, jumlahkan jawaban Anda (a=1, b=2, c=3), kemudian tentukan posisi Anda:

A. Total skor Anda 26-30 : Selamat! Berat dan pola makan Anda cenderung sehat. Pertahankan dan tingkatkan terus!

B. Total skor Anda 20-25 : Anda masih aman. Tetapi Anda perlu menurunkan beberapa kg berat Anda, mengubah pola makan atau keduanya.

C. Total skor Anda 10-19 : Berilah perhatian lebih pada pola makan dan berat tubuh Anda. Segera lakukan perbaikan di segala bidang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s