PANTAI PULORIDA BUKAN FLORIDA

Posted: October 6, 2009 in Geowisata

Pernah mendengar nama Pantai Pulorida? Bukan pantai yang terletak di Amerika sana lho, sebab tidak ada kesalahan penulisan sama sekali, namanya memang PULORIDA. Objek wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Cilegon, Provinsi Banten sekitar 4 km dari Pelabuhan Merak.

Objek wisata ini memang tidak setenar dan seindah Pantai Anyer, tetapi setiap musim liburan tiba, objek wisata ini selalu dipadati pengunjung. Dengan tiket masuk yang relatif terjangkau serta lokasinya yang relatif dekat, pantai ini merupakan pilihan tepat bagi masyarakat yang sekedar ingin mengisi waktu libur.

New Picture (1)Pantainya yang landai, dangkal dan hampir tak berombak cukup aman bagi pengunjung yang ingin berenang, berendam, atau bermain air dan pasir di tepi pantai. Pelampung ban bekas berbagai ukuran banyak disewakan bagi pengunjung yang ingin berenang atau menikmati terapung-apung di permukaan laut. Sementara bagi pengunjung yang menungguinya dapat bersantai-santai dengan menyewa tikar. Tarif sewa keduanya terjangkau dan tidak dibatasi waktu. Perahu pun disediakan bagi pengunjung yang ingin melihat-lihat kawasan di sekitar pantai ini, seperti Pelabuhan Merak, PLTU Suralaya atau melihat-lihat pulau kecil tak berpenghuni di sekitar lokasi ini. Tarif sewa perahu ini cukup terjangkau dan berlaku untuk 1 kali jalan pulang pergi. Disediakan juga kamar mandi bagi pengunjung yang hendak membilas setelah berenang dengan tarif Rp. 3000,- per kamar dengan fasilitas bak mandi dan shower.

Pantai ini dapat ditempuh melalui Jalan Tol Jakarta-Merak menuju Pelabuhan Merak atau melalui Jalan Raya Serang melewati pusat kota Cilegon hingga terbelah dua di persimpangan.Cilegon. Ke arah kiri ialah menuju PT. Krakatau Steel, Anyer dan Labuan sedangkan ke arah kanan menuju Pelabuhan Merak, Jalan Tol Jakarta-Merak dan Bojonegara. Dari Pelabuhan Merak, terus saja melalui jalan besar, melewati pasar tradisional Merak hingga tiba di Pantai Pulorida. Lokasinya memang tertutup tembok pembatas, namun tak perlu khawatir sebab terdapat papan nama Pantai Pulorida di pintu masuknya. Kondisi jalannya cukup bagus sehingga jika tidak macet di Pelabuhan Merak, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari Tangerang.

Keindahan pantai ini pun sebenarnya mempunyai daya tarik tersendiri. Jika cuaca cerah, di sisi selatannya akan terlihat ujung Pulau Sumatera dengan Gunung Rajabasa di tengahnya. Pulau kecil yang juga berada di sisi selatan dan terletak tidak jauh dari bibir pantai masih tampak hijau dan alami, sungguh menarik untuk dikunjungi. Sebelumnya, pernah dibangun jembatan kayu untuk pejalan kaki menuju pulau tersebut, namun sekarang sudah roboh dan tidak dibangun kembali. Di sisi utaranya terdapat tumpukan batu pemecah gelombang yang menjorok ke tengah pantai. Pada bukit di sisi jauhnya tampak 4 buah cerobong PLTU Suralaya yang mengeluarkan uap.

New Picture

Tetapi, keindahan tersebut agak tercemar oleh deretan kapal tongkang pengangkut batubara milik PLTU Suralaya. Pada gambar yang memperlihatkan suasana senja di Pantai Pulorida di atas terlihat 3 kapal tongkang dan kapal batubara (berbentuk panjang dengan bagian atas datar) yang mengapit pulau kecil di tengahnya sehingga hanya terlihat sebagian (di atas perahu). Di antara pepohonan dan kapal batubara tersebut, samar-samar terlihat lereng Gunung Rajabasa. Tapi, mungkin bagi sebagian orang keberadaan kapal-kapal tongkang tersebut memberikan kesan tersendiri untuk pantai ini.

About these ads
Comments
  1. oipiyah says:

    wah…
    kapan-kapan ajak aku main ke sini yah…

  2. lasmi says:

    minta nomor telefon / hp receptionis pantai fulorida soalnya saya dan kawan-kawan hari sabtu ingin nyewa villa di sana

  3. lasmi says:

    tolong ya ini penting banget

  4. Aziz says:

    Yg pny wbsite ni orang pulorida bukan y.. ?

  5. Aziz says:

    oO… Tak qrain org sini…
    Saya asli org Pulorida mas.. Rmh saya sktr 200 M dr pantai itu… Iseng2 buka google nemu postingan ini…. Salam kenal ya.. ?
    Saya jg bingung qo pulau yg ada di Pantai itu di namakan Pulau Temposo..
    Pdhl kata org tua dulu, Scra etimologis nama pulorida itu di ambil dari penggalan kata Pulo yg di Ridhai.. Krn crita jaman dulu ada spasang waliyallah dari demak yg brhasil mnyebarkan islam di tmpt ini… Kalau Temposo itu nama slh1 kampung yg ada di lingkungan RK kami.

    • iqbalputra says:

      Ooh..itu toh asal kata Pulorida, Pulo dan ridha. berarti kebetulan ya, namanya nyerempet dengan Florida. Saya sering ke sana semenjak Pantai Salira Indah ditutup. Tapi sayang ya, jembatan menuju pulau itu ga diperbaiki. Padahal bisa menjadi daya tarik tambahan tuh.

  6. Aziz says:

    Mungkin pantai pulorida pun akhir tahun 2010 ini akan di tu2p kang..
    Dgr2 uda di beli sm org buat d jdkan Proyek.. Ntah itu mau d bkin pelabuhan / apa ga ngrti…
    Ualaaahh… Pdhl byk skli kenangan dg pantai itu….. :-“

    • Yaah, jangan dong. sayang banget klo ditutup mah. Masa wisata pantainya cuma ke arah Anyer aja, makin macet aja nanti yg ke sana. Padahal pantai ini kn bisa jadi alternatif bagus klo yg ke arah Anyer penuh, apalagi Salira bener2 ditutup, ga ada tanda2 bakal dibuka lagi. Gimana si Disbudparnya, bukannya dikembangin malah dimatiin…

  7. Aziz says:

    Kang ikbal ini org’nya akrb sm org.. Bole mnta link fb’nya,? Atau add saya d pencarian ktik saja ‘Pulorida’ atas nama ‘EL-Aziz De Zany ‘

    Matur suwun….. ;)

  8. Tinahh sii chabii says:

    wow,
    kerenn bngett :)

  9. Tinahh sii chabii says:

    keren keren ,

  10. rohman says:

    bsa buat mancing ga…

    • rohman says:

      klo boleh tau ikan pa ja gan…..ane si sering mancing ke tanjung pujut sana di suralaya pltu stu.klo d stu ok buat mancing ga usah jauh2 gtu…..comrnya ke fb ja ya.

      • Iqbal E. Putra says:

        Wah, ga tau juga saya itu ikan apa aja jenisnya, ga hobi mancing soalnya. Kalo saya dulu sering diajak mancingnya ke daerah Bojonegara.

  11. ersa syabilla hasanah says:

    sekaarang pantai pulorida makin banyak kapal,tetapi pengunjung tambah banyak pula

  12. dita says:

    Mau nanya dong, rute perjalanan ke sana itu bagaimana ya? jika naik mobil pribadi

    • Iqbal E. Putra says:

      Dari arah mana? Kalo dari Jakarta bisa lewat tol Jakarta-Merak menuju Pel. Merak, lalu tinggal ikuti jalan menuju pasar Merak dan PLTU Suralaya. Pantai ini berada tepat sebelum PLTU tersebut..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s